Backup dan Restore MySQL Lewat Console

19Jun08

Tulisan kali ini akan membahas mengenai cara men-dumping (backup) database sekaligus restore-nya pada MySQL. Pengalaman ini sering saya dapat ketika saya ingin mengganti distro linux di laptop saya…. hehehehhe maklum sudah kebiasaan coba-coba distro baru :). Karena saya sering membuat website atau aplikasi yang menggunakan MySQL maka dari itu saya harus mencari tahu bagaimana caranya membackup database saya saat saya ingin mengganti distro, dan merestorenya ke database MySQL di distro yang baru.

Salah satu cara yang dipake untuk memindahkan database MySQL yaitu dengan men-dumping semua data pada database server yang lama dan kemudian file hasil dumping tersebut dijalankan pada server MySQL yang baru. Untuk keperluan ini MySQL menyediakan sebuah utility yang dinamakan mysqldump. Penggunaan utility mysqldump ini juga sangat mudah dan kita akan bersama-sama mencoba dengan menggunakan contoh yang mudah dimengerti.

Kasus
Contohnya Anda memiliki sebuah database yang bernama db1 pada distro A (distro lama) dan Anda ingin memindahkannya pada distro B (distro baru yang diinstall). Dumping database db1 ini sebenarnya adalah menuliskan semua statement SQL yang membangun struktur semua tabel sekaligus juga datanya dari server yang di dumping tadi. Kita akan menggunakan perintah mysqldump dalam contoh kali ini untuk men-dump database yang bersangkutan.

Dumping/Backup
Pertama-tama ketahui dulu username dan password MySQL yang berhak akses ke database db1 pada distro A tadi. Misalnya saja username-nya adalah root dan password nya adalah kuncipass. Informasi tersebut akan kita gunakan dalam perintah mysqldump. OK sekarang kita jalankan perintah mysqldump.

mysqldump -uroot -pkuncipass db1 > /home/adi/db1_dump.sql

Jika pada platform Windows akan menjadi seperti di bawah ini:

mysqldump -uroot -pkuncipass db1 > c:\home\adi\db1_dump.sql

Perintah di atas melakukan dumping terhadap database db1 dengan username dan password yang sudah diberikan dan output dumping-nya disimpan dalam file db1_dump.sql.

Sekarang coba Anda buka file db1_dump.sql tersebut dengan text editor, disitu akan nampak script SQL yang di-generate oleh MySQL terhadap database db1 tadi.

Restore
Sekarang bagaimana caranya untuk melakukan restore secript db1_dump.sql tadi ke distro B? Caranya mudah, pertama-tama masuklah ke dalam MySQL pada distro B dan buatlah database pada distro B yang namanya sesuai dengan nama database A tadi. Untuk create database ini Anda bisa gunakan perintah CREATE DATABASE. Contohnya adalah seperti di bawah ini.

create database db1;

Setelah itu coba keluar ke system prompt atau shell prompt, kemudian ketikkan perintah seperti di bawah ini.

mysql -uroot -pkuncipass db1 < /home/adi/db1_dump.sql

Perintah di atas berarti kita melakukan restore database dari file db1_dump.sql ke dalam database db1 pada distro B yang mana login ke MySQL nya dengan menggunakan username root dan password kuncipass.

Semoga pengalaman saya ini berguna buat teman-teman…. tapi kebiasaan gonta ganti distronya jgn diikuti yah…. ^_^



2 Responses to “Backup dan Restore MySQL Lewat Console”

  1. trims mas atas infonya…

  2. Hmm is anyone else encountering problems with the
    pictures on this blog loading? I’m trying to determine if its a problem on my end or if it’s
    the blog. Any feedback would be greatly appreciated.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: