Install Oracle 10g XE di Ubuntu

17Sep08

Beberapa waktu lalu sempet dapet panggilan tes kerja di batavia air, trus ada pertanyaan tentang oracle,,, wahhhh mampus gw boro2 tau oracle install aja belum pernah,,, T_T

Ada banyak alasan gw gk mau install oracle yaitu yg gw liat dari temen2 gw yg install oracle di windows selalu banyak keluhan, ada yg bilang butuh space hardisknya 2-3 GB, ada yg bilang setelah install kompi jadi lemot, ada juga yg ngeluh karena uninstallnya gak bersih ato masih ninggalin jejak2 penjajahan,,

Tapi karena tuntutan dari tes itu langsung deh gw cari tutorial install oracle, dan karena gw pake linux distro slackware jadi gw cari tutorial install di slack. Tapi begitu gw baca yaaa ampyuunnnnn panjang bet tahap instalasinya (bener2 ciri khas slackware T_T). Karena waktu yg gk banyak gw cb pake distro gw yg satu lagi yaitu ubuntu yg terkenal lebih praktis, berikut ini tahap2 gw mencoba menjajal oracle :

1. download oracle 10g XE (eXpress Edition ) disitus resminya oracle http://www.oracle.com/technology/products/database/xe/index.html

2. Sebelum install lihat dl minimum requirement yg dibutuhkan oleh oracle. Namun pada kasus gw, oracle gk mau diinstall krn partisi swap nya minimal 1 Gb dan gw hanya punya swap sebesar 972 MB, karena kurang jadi gw mesti nambahin swapnya dulu sampe minimal 1 GB. berikut ini caranya :

a. buat sebuah data dump yg akan dijadikan swap tambahan
sudo dd if=/dev/zero of=/extraswap bs=1M count=300

keterangan :
bs=1M artinya dalam ukuran mega byte
count=300 artinya sebanyak 300 Mb akan ditambah untuk swap, karena swap saya kurang sekitar 300 MB untuk mencapai minimal 1 Gb
of=/extraswap artinya tempat swap tambahan akan dibuat

b.  kemudian  buat swap dengan perintah
sudo mkswap /extraswap

c. kemudian aktifkan swap dengan perintah
sudo swapon /extraswap

jika swap ingin di load dari awal komputer booting maka tambahkan perintah berikut pada /etc/fstab

# /extraswap
UUID=bdf3d6e1-110c-4595-9385-8d09227b8348       none            swap    sw              0       0

dengan catatan UUID partisi gw pasti berbeda dengan milik anda, jadi anda bisa melihat UUID partisi /extraswap anda dengan perintah berikut
sudo vol_id /extraswap


3. klo swap udah ditambah sekarang install oraclenya dengan perintah
sudo dpkg -i oracle10gxe.deb

Jika pada saat instalasi terdapat error karena anda belum memiliki libaio1, maka lakukan dulu perintah berikut
sudo apt-get install libaio1

setelah libaio1 diinstall maka otomatis oracle akan selesai terinstall juga, karena instalasi oracle tertunda menunggu libaio1 diinstall.

4. Jika oracle telah terinstall, sekarang coba lakukan konfigurasi dengan perintah
sudo /etc/init.d/oracle-xe configure

nanti anda akan diminta mengisi pertanyaan2, namun tekan enter saja semua untuk memberi nilai default. dan anda hanya perlu mengisi password dari user SYS atau SYSTEM yaitu user default dari oracle.

5. setelah configure selesai, anda bisa masuk kedalam halaman administrasi oracle yg anda install (seperti phpmyadmin, praktis bgt deh… :D) dengan mengetik alamat http://127.0.0.1:8080/apex/ pada browser anda.

6. kemudian anda diminta login dengan memasukkan username yaitu system dan passwordnya adalah password yg anda masukkan pada tahap konfigurasi tadi.

untuk keterangan lebih lanjut tentang penggunaan oracle bisa dilihat pada file berikut /usr/lib/oracle/xe/app/oracle/doc/getting_started.htm

dan kesan saya pada oracle berubah drastis, memang linux powerfull bgt deh. Ternyata install oracle di linux lebih gampang dan cuma butuh space hardisk 1.5 GB dan gk bikin lemotttzzz komputer jg,,,

semoga tutorial ini membantu anda yg ingin belajar oracle di linux terutama [^_^]”



5 Responses to “Install Oracle 10g XE di Ubuntu”

  1. Thanks Bro,

    gw cukup terbantu,

    gw juga mw install oracle 10g xe di ubuntu .

  2. test doang,, hehehe,, kl mo apus2 ajah

  3. 3 jardel

    mantab bos,

    gw lom pernah nginstall di linux nih… bwt referensi bagus nih… keep at the good work…

  4. terima kasih atas responnya… saya senang bisa membantu…

    jangan lupa juga yah main ke blog saya yang baru di http://www.adiseno.co.cc ;)

  5. Have you ever considered about adding a little bit more than just your writing?
    I mean, what you say is valuable and all. But think of if you added some great pictures or videos to give your posts more, “pop”!
    Your content is ideal but with pics and videos, this website could definitely be one of the most beneficial in its niche.
    Excellent blog!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: